Mengatur Tampilan Dashboard Blogspot Agar Sama

Mengatur Tampilan Dashboard Blogspot Agar Sama Dengan Tutorial Blog Lain


Dashbor blogspot terus mengalami perubahan, ini membuat kita kadang bingung dalam memahami tutorial yang berbeda-beda cara penulisan atau gambar ilustrasi. Tentu saja berbeda-beda, karena di setiap dashbor blogspot si pembuat artikel dengan si pembaca artikel pengaturan dashbornya pun berbeda.

Tulisan Mengatur penampilan dashbor blogspot ini saya publish tersebab banyak komentar yang masuk menanyakan perbedaan-perbedaan tersebut.

Oleh sebab itu saya coba menuliskan daftar pertanyaan yang Insya Allah Saya jawab selengkap mungkin.

1. Kenapa di dashbor Blogspot saya berbeda dengan gambar tutorial ?


Seperti yang sering saya alami di awal-awal saya ngeblog, ketika saya mencoba merubah tampilan blog saya, saya kadang kebingungan saat melihat tutorial dari blog lain yang beda antara gambar dengan yang ada di dalam dashbor blogspot saya.

Oleh sebab itu, mari kita lihat saja dalam gambar peraga dibawah ini. Mudah-mudahan gambar ini menjawab pertanyaan anda.

Gambar 1 : Dashbor Blogspot dalam DRAFT BLOGGER (Blogger dalam Konsep)-Tampilan Baru- Bahasa Indonesia

Pada gambar 1  diatas,itu adalah tampilan blogspot dalam format NEW Blogger atau blogger dalam konsep atau DRAFT Blogger-Dalam format pengaturan umum bahasa Indonesia. Jika anda ingin mencoba merubah ke tampilan baru blogger, bisa dengan cara sbb :

1. Mengakses di Adress bar dengan URL : http://draft.blogger.com

2. Mengklik link :"Coba antarmuka Blogger yang diperbarui" atau yg bahasa Inggrisnya : " Try The Updated Blogger Interface", seperti terlihat di gambar 2.a dibawah:


Gambar 2.a

Sedangkan gambar 2.b dibawah , adalah tampilan NEW Blogger atau blogger dalam konsep atau DRAFT Blogger-Dalam format pengaturan umum bahasa Inggris. Perhatikan perbedaan Bahasa nya . Nantinya diharapkan anda sudah mampu mengenali perbedaan ,sehingga tdk bingung lagi.

Gambar 2.b - Tampilan New Blogger dalam Format Bahasa Inggris

Dan Gambar 3. dibawah ini, adalah tampilan dashbor blogger lama, atau OLD INTERFACE - dalam  format   umum bahasa Indonesia . Saya lebih menyukai tampilan blogger lama ini, karena lebih mudah dan lebih enak dilihatnya.


Gambar 3. Tampilan Blogger Lama "Old Interface" - Bahasa Indonesia


Gambar 4. dibawah ini, adalah tampilan dashbor blogger lama, atau OLD INTERFACE - dalam format umum bahasa Inggris.


Gambar 4. Tampilan Blogger Lama "Old Interface" - Bahasa Inggris


2.Mas kok TIDAK ada tab Design seperti digambar?


Tab DESIGN , seperti yang kita lihat di dalam gambar.4 kadangkala tidak muncul di dashbor blogspot kita, Penyebabnya yaitu :

a. Pengaturan bahasa umum di blogspot anda adalah ke Bahasa Indonesia, sehingga tulisan tab Design akan menjadi : Rancangan

b. Tab Design atau Rancangan , tidak akan muncul di blog spot dengan penggunaan template klasik, yang muncul adalah tab “Template”.


3.Itu kok tidak ada Tab TEMPLATE di dasbor saya?


Tab Template hanya muncul jika blogspot anda mengunakan template klasik. Apa beda yang klasik dengan non klasik ?
Lihat disini penjelasan dan gambar peraganya : Beda Template Klasik dengan Template New XML

Untuk Merubah Template klasik ke versi New XML bisa lihat disini : Merubah template clasic ke New XML

4.Gimana supaya tampilan dashbor blogspot saya bisa kembali ke tampilan dashbor blogspot yang lama?


Cara nya yaitu, pastikan anda menghilangkan centang pada kotak :
Jadikan Blogger dalam Konsep sebagai Bawaan , atau bahasa Inggrisnya : Make Blogger in draft My Default - (gmbr.5)
Gambar 5

Kemudian akses lah blogger lewat adress bar dengan URL :
http://www.blogger.com/home

Kalau belum bisa, kita klik gambar yg seperti matahari yg ada  diatas kanan dashbor. Lalu pilih : " Old Blogger Interface" atau bahasa Indonesianya " Antar Muka Blogger Lawas" (Gbr.6)

Gambar 6

5.Apa yang dimaksud tampilan DRAFT BLOGGER ?


Tampilan darft blogger adalah tampilan dashbor blogspot yang baru,dimana blogger mencoba memberikan pilihan kepada kita untuk memlilih yang mana yang paling nyaman dan memudahkan kita dalam menggunakan fitur-fitur blogger.

6.Kok di Tempat saya tidak ada Link "Layout" ?


Tab atau llink Layout adalah tampilan dashbor blogger yang sudah digantikan dengan tab Design atau Rancangan (pada new xml )a atau "Tab Template (pada ( Classic). Jadi kalau anda melihat sebuah tutorial yang masih merujuk pada tab "Layout" ,maka itu adalah tampilan blogger yang lamaaaaa, .

7.Kenapa tidak ada link "Monetize" atau "Uangkan" di dashbor blogspot saya?


Tidak adanya tab "Monetize" atau "Uangkan" bisa terjadi karena Pilihan bahasa blog anda di bagian pengaturan "Setting" atau "Setelan" --> "Formating" -->"Languange" atau "bahasa" diatur ke Bahasa non Inggris.Lihat gmbr.7

Gmbr.7 - Tab Monetize
Namun pada blog yang menggunakan template klasik, meskipun kita mengatur blog ke bahasa Indonesia, tab Monetize tetap muncul. Hal ini saya belum ketahui penyebabnya.

Nah...demikianlah artikel "Mengatur Tampilan Dashboard Blogspot " menjadi Tampilan dashbor lama atau baru ( Old interface atau New Interface) ini saya tuliskan untuk anda yang belum familiar dengan fitur-fitur blogger.

Semoga bermanfaat...

16 comments:

  1. terimakasih infonya,
    bagi pemula seperti kami akan bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  2. saya tidak menemukan dashboard dan desain pada blog saya. tolong bantu mencari mas. terima kasih.salam blogger

    ReplyDelete
  3. mas mengapablog saya tidak kelihatan di dasbor? mohon jawabannya...

    ReplyDelete
  4. To Inkpunk :
    BIsa jadi anda belum membuat blog
    Atau Blog anda di hapus oleh blogger karena melanggar Peraturan blogger.
    Atau tanpa sengaja anda menghapu sblog anda sendiri.
    Atau anda mensetting menjadi tidak terdaftar di blogger dan search engine = Coba periksa di tab Setting-Dasar-Privacy= Pastikan disana tertulis :"Terdaftar di Blogger. Dapat diakses mesin telusur."

    ReplyDelete
  5. bang kenapa walaupun saya sudah masuk ke tampilan dasbor lama, tetap sulit untuk masuk di posting... bahkan tidak ada menu bar template atau rancangan... mohon bantuannya bang?? terima kasih sebelumnya bang

    ReplyDelete
  6. masih enak tampilan yang lama mas...:)

    ReplyDelete
  7. Yang aku tahu sekarang udah ga bisa lagi akses tampilan lama Blogger.

    ReplyDelete
  8. Mas, kok di blog saya yang ini ga ada tulisan "Old blogger Interface" yah ? kenapa yah ? hehe tolong dijawab yah .. makasih :)

    ReplyDelete
  9. kenapa klw saya bikin entrinya baru postnya baru jadi tuh gak menyatu. kenapa ya?
    misal punya agan university of bloggers terus 34 pos. kalau saya satu satu gak bisa dijadiin satu kenapa ya. tlong bls

    ReplyDelete
  10. om ane m nanya nih ane mo ngembaliin dashboard anee yang versii neew ke versi classic gimana tuh cara nya soal nya ane mo tampilin kotak komentar di blog ane

    plis di jawab

    ReplyDelete
  11. Mas, ko di dashboard baru saya ga ada opsi 'edit entri'nya
    letaknya dimana ya...jadi bingung sendiri kalo liat tutorial pake gambar dashboard yang lama...

    ReplyDelete
  12. Mas bagaimana caranya melihat dasbor

    ReplyDelete
  13. punyaku di dasboard ga ada koentar bagaimana gan caranya

    ReplyDelete
  14. Di akun saya cuma ada 5 tab , tab antar mukanya menjadi lawas udah gak ada kenapa ya ??

    ReplyDelete
  15. Punya saya pada dasboard ko tidak ada menu comentar, bagaimana caranya pak, terima kasih

    ReplyDelete
  16. saya buat blog dari HP.cara menemukan dasbornya dmana?

    ReplyDelete

Saya berterimakasih atas koment anda yang Sopan dan Ramah...
Sebelum kasih komentar,sebaiknya lihat Contoh komentar spam disini , Agar komentar anda tdk tertangkap oleh spam filter blogger.