Cara Merubah Template Blog

Cara Merubah Template Blog
By : Bahrul Ulum

Bosan dengan tampilan blog anda ? silahkan ganti tampilan nya dengan template yang dapat anda cari secara gratis di banyak situs penyedia template gratis.

Untuk merubah template sbb :


  1. Cari Situs Penyedia Template Gratis
  2. Untuk informasi template gratis bisa lihat di blog saya yang lain di http://panduanbisnis1.blogspot.com/2009/02/template-gratis.html atau anda bisa langsung kesini : http://btemplates.com/ atau disini http://freetemplates.blogspot.com/ 
  3. Di situs penyedia template pilih template yang anda sukai .
  4. Lalu klik 'download'. 
  5. Simpan hasil download dihardisk anda,. 
  6. Setelah di download Klik kanan ikon hasil download itu , 
  7. lalu klik " extrak here"



  Cara Merubah Template Blogspot





Catatan : Pastikan terlebih dulu bahwa anda telah mengetahui template lama anda memakai yg mana, apakah dengan classic(HTML) template, atau New (XML) template.

Membedakan Template Klasik dengan Template New XML


Ciri-ciri nya bisa dilihat di dalam halaman editor HTML sbb :

Untuk yg classic(HTML) , cirinya di paling atas..diawali dengan <! DOCTYPE html...dst..dst.., seperti tampak dalam gambar sbb :

Tips Cara Merubah Template Blogspot

Dan untuk yang New (XML) template cirinya di paling atas..diawali dengan <!?xml version="1.0.....dst..dst.., seperti tampak dalam gambar sbb :


Tutorial Cara Merubah Template Blogspot



Ciri lain perbedaan template antara yg classic dan New, bisa kita lihat saat kita berada di halaman awal dashbor blogspot, dimana jka kita mempunyai banyak blog dalam satu akun, maka disitu akan terlisting deretan blog milik kita, yaitu sbb :



Panduan Cara Merubah Template Blogspot



Di gambar atas, bisa kita lihat satu blog saya : Bisnis Air OXY , adalah ber template "NEW" disitu ada link utk "LAYOUT"  Design dimana di link itu lah tempatnya kita untuk mengotak-atik tampilan blog,
sedangkan blog Belajar HTML Mencari Usaha Halal, ber template "Classic" dan link untuk mengotak-atik Tampilan blog , adanya di link "TEMPLATE"


Update 16 Juni 2011 : Ada perubahan pada dashbor blogspot sbb : Untuk Template New XML akan tertulis tab Design ( Bukan Layout:lagi seperti yg di Dashbor lama )


Jika kita sudah mengetahui jenis template lama kita, maka langkah selanjutnya adalah mencari template yg sesuai dengan template lama, misalnya yg lama pakai New (XML) , maka carilah template dengan yg New (XML) pula..dan sebaliknya.

Ciri hasil download template New (XML) ( setelah di ekstrak dari ZIP file) seperti terlihat dalam gambar :








Dan Ciri hasil download template classic(HTML) seperti terlihat dalam gambar :







Setelah proses men download template selesai, dan sudah sesuai dengan pilihan template antara yg lama dengan yg baru, Langkah selanjutnya sbb :

  • Signup (Masuk) ke dashboar blogspot milik anda.
  • Pilih "LAYOUT"  Design  atau "tata letak".




  • Pilih Edit HTML.
  • Klik "Download Full Template" untuk menyimpan template lama anda dan agar anda mempunyai backup unuk jaga-jaga jika terjadi "gagal"
  • lalu klik tab "Telusuri" atau "browse" .
  • Nah anda akan mencari file hasil download anda di dalam file hardisk yang tadi anda simpan.
  • Jika sudah ketemu klik 'open'.
  • anda akan kembali ke halaman blogspot.
  • Lalu klik "Unggah" atau Upload.
  • Setelah proses upload selesai, akan ada konfirmasi bahwa template baru itu akan menghapus beberapa wdiget/gadget yang telah terpasang di blog anda sebelumnya.
  • Oleh sebab itu jika anda ingin gadget itu tampil kembali di template anda yang baru ,maka sebelum anda merubah template, sebaiknya kode-kode html dari widget dicopy dulu dan bisa anda simpan di notepad sementara.
  • Selesai.

Update 19 Maret 2010 :
Menjawab pertanyaan : Bagaimana merubah template dari Classic ke versi NEW ?
Lihat caranya disini :"Cara merubah template dari Classic ke versi NEW"

Update 11 April 2010:
Buat rekan2 yg mau belajar membikin template blogspot sendiri , silahkan lihat postingan disini :
"Belajar membuat template"


Update : 08 Juni 2010
Buat Sahabat2 yang masih error dalam mengubah template blogspotnya , silahkan tulis didalam komentar dibawah ini : Nama template asal , dan juga nama template penggantinya. Saya akan coba telusuri agar cepat dalam penyelesaian masalahnya , dan nantinya akan saya berikan solusi disini pula. Trims
Bahrul Ulum


Nah semoga bermanfaat....Silahkan tuliskan komentar anda jika ingin sharing disini

Artikel lain :



139 comments:

  1. wah bagus banget nich. hari gini ada yang mau ngajarin blog2an,gratisan lagi. pas banget buat gw yang lagi belajar bikin blog dari nol, bahasanya mudah dipahami. maju terus buat mas bahrul smoga sukses dengan blognya

    ReplyDelete
  2. tanks ilmunya mas bahrul smg bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Tks banget u/ penjelasannya Mas Bahrul. Ingin tanya, bagaimana caranya mengubah layout blog kita sperti di "Home" University of Bloggers? Bagi donk ilmunya....

    ReplyDelete
  4. keren bos..

    terima kasih..
    berkat posting anda..
    blog saya jd lumayan bagus meskipun blm sempurna..hehe..

    ReplyDelete
  5. Jailangkung..jailangkung..Datang gak diundang..pergi numpang tinggalin komentar

    ReplyDelete
  6. Mas Bahrul, nanya donk..
    Kalo centang bagian "Expand Template Widget" fungsinya buat apa ya? bedanya apa kalo tidak dicentang.. terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  7. Hanafi :
    Expand = Mengembangkan = Lengkap = Menampilkan semua fungsi atau tag HTML yg ada.

    Jadi untuk mengedit bagian2 tertentu, kita mesti mengambil opsi "expand" ini...
    Oke..semoga ini bisa menjadi jawaban yg pas ya...
    Trims

    ReplyDelete
  8. 99X dah dicoba td gk berhasil...

    ReplyDelete
  9. Mas,klo file hasil DLx berbentuk .zip ko ga bisa di upload?

    ReplyDelete
  10. Yth Ihsan Maulana.
    Jangan menyerah sob..
    Lihat dulu yng kita download itu tempat untuk "Klasik templat " atau "New Blogger tempate" biasanya ada keterangan di tempat kita download. Nah lalu kita lihat di halaman edit HTML blog kita itu pakai format apa ? .keteranggannya ada di bagian paling bawah kotak EDItor HTML. kalau mau dirubah ke kalsik tingal klik "Revert to classic" akalu mau ke "New blogger tempat " klik link sebaliknya..

    dicoba lagi ya sob

    ReplyDelete
  11. Yth MObile Money :
    File nya di extrak dulu ya bos, baru hasilnya kita upload ( yg XML file )

    ReplyDelete
  12. bos bagus tampilannya boleh minta kode html nya ? klo boleh kirim ke imel ku budynur@rocketmail.com, tank bos.........smoga bos tambah rezeki hehehehe

    ReplyDelete
  13. die66 hampor...:
    Coba download disini :
    http://topwpthemes.com/remedy/

    ReplyDelete
  14. infonya sngat membantu, thanks.
    Slam kenal n peace...
    http://gaelby.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. saya bukan mau menuduh anda salah telah merubah saya. tetapi saya mau berterima kasih atas pengetahuan barunya,,,,

    ReplyDelete
  16. suwun mas,.......kulo senes jailangkung,kulo tiang.he....10x

    ReplyDelete
  17. ga bisa mas.bisa lbh spesifik lagi ga,saya ga ngerti,gimana cara spy bisa ganti templat blog saya di blogger com.

    mas,saya minta tolong,tolong ganti template blog saya,trims

    andri.syahputra23@gmail.com
    andriandriandri

    ReplyDelete
  18. ahh... blog yang kerenn
    makasiihh yaa infonya...
    hihih

    ini hasilnya bos..
    makasihh yaa

    ReplyDelete
  19. To : kira love blogspot :
    Sudah saya update dengaN Lebih rinci ya..semoga bisa di mengerti..

    to : bitQuit_diary's,
    Sama-sa,a bos

    ReplyDelete
  20. thankz atas ilmu ny,,,,
    sangat membantu sekali...

    oy,,,cara buat tampilan window ny k sana kemari gmn ya????
    ^_^

    ReplyDelete
  21. To : LEvEr_cUte

    Silahkan lihat caranya disini ya :
    http://www.bahrul-ulum.com/script-jendela-browser-berputar

    ReplyDelete
  22. mantap mantra nya mas.. hehe berhasil dengan baek mudah di mengerti. Sukses mas..

    ReplyDelete
  23. To : Anonim .
    Ya..sama-sama sukses nya deh ya

    ReplyDelete
  24. artikelnya bagus banget sob,,,,salam kenal...
    mampir ke ==>> moneymaker

    ReplyDelete
  25. blog yang bagus...entry yang sangat berguna....best of luck aja bro...

    ReplyDelete
  26. wah makasih banget ya yang dah nulis artikel ini,isinya lebih lengkap dan detail...jadi...saya sudah ga bingung lagi mengubah template blog......

    ReplyDelete
  27. ihhhhhhhh

    thankzzzzzz
    keren bgddddd

    ReplyDelete
  28. Terima kasih, artikel ini sangat membantu saya dalam mengganti template. Selain jelas urutannya, lebih diperjelas lagi ada gambarnya... Alhamdulillah,akhirnya saya berhasil ganti template...

    ReplyDelete
  29. makasih banget mas artikel bagus...smoga tambah sukses...

    ReplyDelete
  30. sumpah,
    informatif & mudah dimengerti, sy lngsung bisa!
    makasih deh buat creatornya ^^

    ReplyDelete
  31. mo nanya n mas,blogq kok kadang gak muncul knp ya??www.ismuromdhoni.co.cc

    ReplyDelete
  32. Roy Daniel :BEst LUck juga bos
    Suswati : Ya..sama-sama
    Putry Anyelir : Sama-sama makasih ya

    ReplyDelete
  33. REzta OXtavia...
    MAkasih juga ya....Insya Allah pasti bisa

    ReplyDelete
  34. trims banyak om untuk infonya, jd menambah wawasan saya sebagai bLogger pemuLa

    ReplyDelete
  35. om_rame : MAkasih juga atas kunjungannya

    ReplyDelete
  36. mkasih bnyak ya mas atas info nya .
    qw jg ngersa lbih mudah untuk membuat blog qw lbih indah .
    maju trus mas ....

    ReplyDelete
  37. Makasih atas pemberitahuannya. Bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  38. makasih atas artikel nya
    singkat tapi bermanfaat sekali buat saya

    ReplyDelete
  39. Thanks ilmunya, sukses slalu

    ReplyDelete
  40. kok aku gagal y bang??
    pas aku mw ganti malah muncul pesan ni...

    "Peringatan: Template baru Anda tidak berisi widget berikut:
    LinkList1
    Image1
    Followers1
    Profile1"

    mksudnya pa ya bang,,soalnya ku masih pemula banget,,jdi gag ngerti bhsa html...huhuhu...

    ReplyDelete
  41. @Tri :
    Ndak papa, terusin aja klik konfirmasi. Itu pertanda gadget yang sudah ada di templat blog lama anda akan digantikan dengan gadget bawaan template yg baru.

    Sbebenarnya sudah saya tuliskan diatas sihh... coba perhatikan ini :
    # Setelah proses upload selesai, akan ada konfirmasi bahwa template baru itu akan menghapus beberapa widget/gadget yang telah terpasang di blog anda sebelumnya.
    # Oleh sebab itu jika anda ingin gadget itu tampil kembali di template anda yang baru ,maka sebelum anda merubah template, sebaiknya kode-kode html dari widget dicopy dulu dan bisa anda simpan di notepad sementara.

    ReplyDelete
  42. healthy fresh , MAkasih juga atas kunjungannya

    ReplyDelete
  43. Informasi menarik kawan..
    makasih ya...

    ReplyDelete
  44. saatnya ganti template ni, cari suasana baru. thanks ya brother...

    ReplyDelete
  45. salam knal...
    kalo ingin merubah cdr/psd jadi template xml bisa gak ya >???

    ReplyDelete
  46. terima ksih info'a... :)))))

    ReplyDelete
  47. Sama ama dengan Trie suardana kusuma
    kok aku gagal y bang??
    pas aku mw ganti malah muncul pesan ni...

    "Peringatan: Template baru Anda tidak berisi widget berikut:

    Followers1

    PERTAHANKAN HAPUS BATAL

    Waktu aku klik PERTAHANKAN atau HAPUS, kok nggak ada reaksi ya. Lalu bagaimana solusinya..???

    ReplyDelete
  48. To:Agung Cahyo Rusmantoro,

    Mungkin yg anda maksud tdk ada rekasinya : Tidak ada perubahan atas template blognya ya ?
    Jika iya, kemungkinan besar ada di masalah cookies dan Cache browser, coba di refresh dgn tekan CTRL + F5 , jika tdk bisa juga silahkan lihat cara berisgkan cache browser disini :
    Cara membersihkan-cache-dan-cookies-komputer

    ReplyDelete
  49. To:Bahrul

    Terima kasih atas jawabannya.

    Tetapi yang dimaksud tidak ada reaksi adalah, baik saat saya memilih / mengklik konfirmasi, baik pertahankan widget, hapus atau batal, browser saya tidak jalan (tidak ada reaksi dari klik tersebut).

    Mohon penjelasannya, maklum pemula....

    ReplyDelete
  50. thanks ya atas informasinya,
    sangat membantu skali bagi saya yang pemula. :-)

    ReplyDelete
  51. udah saya coba, n brhasil.... makasi ya tipsnya...

    ReplyDelete
  52. berarti agak ribet dong, klo punya banyak widget... tapi mau gimana lagi biar enteng saya harus ganti template nih... makasi ya infonya...

    ReplyDelete
  53. thanks yah informasix ... sya jdi dpat membuat blog dgn baik walaupun belum sempurna.....

    ReplyDelete
  54. bisa ni mas, tpi kok tombol new postingny kok jdi pda ilang yaa???

    ReplyDelete
  55. kita bUkan jilangkung mas........ ;;)

    ReplyDelete
  56. makasih bgt ya pak..
    berhasil nih..^_^

    ReplyDelete
  57. makasiiis iiah..
    infonyah sangat membantu.. :)

    ReplyDelete
  58. cara pastenya kok nggak bisa ya????apa script yg harus diubah???

    ReplyDelete
  59. slam kenal
    mas mau tanya nih, sya baru punya blogspot. dan saya udah mengikuti langkah2 utk mengganti template sesuai dengan apa yg mas tulis. tp kok masih eror aja ya?ada tulisan :

    " Kami tidak dapat menyimpan template Anda.
    Harap perbaiki kesalahan di bawah, dan kirimkan template Anda lagi.
    Template Anda tidak dapat diparse karena tidak well-formed. Harap pastikan bahwa semua elemen XML ditutup dengan benar.
    Pesan error XML: Content is not allowed in prolog."

    gimana tu ya?mohon pencerahannya. Makasih

    ReplyDelete
  60. Buat Sahabat2 yang masih error dalam mengubah template blogspotnya , silahkan tulis didalam komentar dibawah ini : Nama template asal , dan juga nama template penggantinya. Saya akn coba telusuri agar cepat dalam penyelesaian masalahnya , dan nantinya akan saya berikan solusi disini pulsa. Trims

    Bahrul Ulum

    ReplyDelete
  61. mas blog ku kok jadi kacau ya, tadinya template berasal dari bawaan blog lalu aku ubah dengan mendownwload dari web.file yg aku unduh berhasil aku simpan sesuai petunjuk mu dan berhasil menggantinya.dan juga aku pertahan kan widget2 yang ada. yang jadi masalah??? ukuran widget dan ukuran kotak postingannya jadi melebar2.cara mengaturnya gimana...??? misal mau mengecil dan melebarkannya terus naruhnya, mau kesamping keatas bawah gimana...kok aku nggak bisa??/ klo dulu aku dengan bebas bisa mengatur sendiri karna tersedia settinganya di layout dan advanced. tapi sejak ganti yg baru ini kok tidak ada cara mengatur nya disitu. tolong ya masss.lihat blog ku loeloengeblog.blogspot.( tapi maaf masih belajar).aku tunggu thax banyak ya.

    ReplyDelete
  62. Kpd Mbak Loeloe sweets :
    Kettika widget bawaan Template lama tidak kita hapus dan langsung kita masukkan kedalam template baru, maka akan terjadi hal seperti itu. Ini karena widget nya belum di register di templatenya.
    Oleh ebab itu saya lebih suka menyimpan HTML kode2 nya lalu menghapus dan mengupload ulang.

    Untuk Mbak Loeloe sweets, jika ingin merubah lebar atau menggeser widget nya caranya sbb :
    Masuk kedashbor-- ke Layout-- edit HTML-- lalu cari pada bagian :

    #sidebar_sub {
    width: 223px;
    display: inline;
    float: left;
    position: relative;
    padding: 0px 0px 200px 0px;
    margin: 0 26px 0 18px;
    }

    ganti dengan yg ini:

    #sidebar_sub {
    width: 223px;
    display: inline;
    float: left;
    position: relative;
    padding: 0px 0px 200px 0px;
    margin: 0 26px 0 0;
    }

    Kemudian cari lagi bagian yg ini:
    #sidebar_sub .widget-content {
    padding: 0px 15px 0 30px;
    margin: 0;
    }

    ganti dengan yg ini:
    #sidebar_sub .widget-content {
    padding: 0px 15px 0 5px;
    margin: 0;}

    Coba dulu ya.. semoga sesuai dengan yg diinginkan..

    Nb :
    JIka ingin belajar lebih jauh tentang megotak ataik template blog, bisa ke blog saya yg lain di :
    http://www.bahrul-ulum.com/belajar-membuat-template-blog

    Salam
    Bahrul Ulum

    ReplyDelete
  63. Thank'S ya Gan... aq abis baca2 postingan sampean, sekarang aq mo pamit..
    wassalam..

    ReplyDelete
  64. widget yang di kopi trs di paste ke template yang udah di upload gmna bagian mana aj yang di kopi bingung

    ReplyDelete
  65. thx gan bwt infony .
    ane udh coba
    sukses jga .
    thx skali lgi

    ReplyDelete
  66. Mas bahrul...cara mengatur foto yang kita masukkan ke blog kita gimana yaa?? Apa bisa ukurannya diperkecil atau diperbesar sesuai dengan keinginan kita?? Mohon petunjuk....Yhanks

    ReplyDelete
  67. terima kasih Mas, saya bangga dan bersyukur bisa belajar di Universityofblogger, saya awam betul untuk membuat blog. Sukses ya Mas

    ReplyDelete
  68. wih menarik nih artikelnya disertai gambar lagi,jadi lebih jelas ,thank bro

    ReplyDelete
  69. Thanks mas atas bimbingannya, sekarang saya udah bisa merubah template blog saya, he...he... Sukses buat mas Bahrul.

    ReplyDelete
  70. Bagus banget informasinya gan! Terima kasih! Request template kubrick donk!

    Terus nampilin poto di dekatan alamat caranya bagaimana?

    ReplyDelete
  71. thanks yaaa for sharing :)
    aku coba dan bisaa jadi ganti template yang baru deh...

    ReplyDelete
  72. mas kalo template sebelumnya wis diotak atik...mau nyari kode2nya kan susah mas

    ReplyDelete
  73. saya berterimakasih dengan artikel ini,,
    saya harap mass mau berkunjung ke blog saya, dan memberikan komentar-komentarnya ttg blog sya.
    dan perlu diapakan blog sya supya tmpilanya menarik.

    ReplyDelete
  74. thx berat bro, tipsnya berhasil setelah berkali2 aku gagal dengan tips yang ditawarkan oleh blogger lain,,,once again thx,,,n thx !!

    ReplyDelete
  75. Siiiiiiiip... jadi ngerti mana yang new mana yang klasik.
    THX broth...

    ReplyDelete
  76. saya berhasil mengubah template blog saya (blog percobaan)

    http://medan-naruto-lover.blogspot.com/

    diubah template-nya dari
    http://btemplates.com/2010/blogger-template-animes/

    tapi kok judul blognya (aslinya kan naruto lover ajeng kartika) tercampur dengan kata animes??

    mohon bantuannya...

    akartika.sp@gmail.com

    ReplyDelete
  77. sy suda coba bikin blog tapi masih baynk kurang/mungki salh kali.oh ya maaf ya kalau sy uda pintar sy kirim buat buat mas pulsa 100 ribu sy janji.tapi mas bisaka sy minta no hanpone agar kita dapat pantau sy bikin blog.jujur sy bingung mas.di man sy bisa lihat jaban anda.

    ReplyDelete
  78. sy pingin tau apa jawaban anda walaupun anda mengatakn tidak dapt membantu saya tetap terima tapi tolong jawabax

    ReplyDelete
  79. maf kalu tidak pux jawaban untuk sy tolong jawab yang ini.adakah kaset disertai buku petunjuk cara buat blog yang lengkap sy pingin beli aja kalau cocok ini no hp sy 0821189611551 tlong di blas sebenarx ada juga yang tawarin.di www.cara buat blog tapi sy kurang percaya dan hati kurang seng.rasaseng hati sy ada kepada anda.terimakasih bila mana ada kata2 yang mmbuat bos kurang seng harap di maafkan tewrimakasih.... segala perhatiax

    ReplyDelete
  80. saya telah mencoba mengganti template seperti yang diajarkan bapak kenapa belum berhasil , sebelumnya saya menggunakan template tanda air yang termasuk new xml kemudian saya telah mendwonload aspire template (mungkin bisa dicek untuk mel;ihat tampilan tempalte tersebut )yang juga sama new xml karena hasil download seperti ciri yang diterangkan bapak diatas Ciri hasil download New (XML) ( setelah di ekstrak dari ZIPfile) seperti terlihat , saat saya brwosing hasil dwonload saya dan saya unggah tapi tak berpengaruh sedikitpun alias tidak berubah ..ada kesalahan apa yang saya lakukan dan mohon penjelasannnya . terima kasih

    ReplyDelete
  81. bro,saya cari2 tutorial agar bisa bikin label agar postingan saya bisa tersusun rapih nih. bro bisa bantu gak. saya pengen membuat beberapa SUB untuk postingan saya seperti ( SOFWARE, FOTOGRAFI DAN TRAVELLING)
    Mohon bantuannya ya bro ?

    ReplyDelete
  82. terimakasih banyak ya...!
    kalok cara ngasih game di bloger gimana mas...?

    ReplyDelete
  83. tipsnya coba aq praktekan ya, bneran uda bosen dg tampilan template yg skrg...

    ReplyDelete
  84. thx alot, q dah nyobain n brhasil...
    meski masi sderhana banget tp lumyan dpt ilmu baru

    ReplyDelete
  85. azlmlkm..
    mw tx donk..
    kalo link buat ngutak atik tampilan blognya bukan "Layout" ato "template, tapi "design", brati blognya tu ber-template "classic" ato "new" ya???

    ReplyDelete
  86. ass. maaf saya masih newbie dlm dunia per blogan... mau tanya ni.. ko udah d browse and uda d uplod templatenya tetep ga rubah ya blog ku... mohon dibantuuuuuu

    ReplyDelete
  87. @Ayin : Maaf itu gambarnya gambar lama, yang baru memang sudah berubah menjadi Tab 'Design' untuk template NEW(XML ) Dan tab 'Template' Untuk yng Template Classic

    @Onnie : Setelah Upload selesai,pastikan tekan tombo SAVE, lalu buka halaman blog anda, JIka belum berubah coba di refresh borwsernya dengan cara tekan CTRL+F5 . JIka masih belum berubah, coba bersihkan Cache dan cookies browsernya. Cara membersihkan cache bisa lihat disini : Cara memberishkan Cache Browser

    Semoga membantu ya

    ReplyDelete
  88. assalamu'alaykum..

    mas aq baru 1 mingguan ngotak atik blog, belajar secara otodidak..
    mau tanya, misal aq mau posting GeT add this gimana caranya?

    sudh aq copy itu codenya, malah bingung paste nya dimana..hehehe...

    ReplyDelete
  89. aq coba muncul gini terus gan..

    Your template could not be parsed as it is not well-formed. Please make sure all XML elements are closed properly.
    XML error message: The element type "body" must be terminated by the matching end-tag "".

    please help...

    ReplyDelete
  90. Kalo cara mengganti format zip ke format xml gimana?

    ReplyDelete
  91. Adakah website yang menyediakan template gratis yang ramah dengan blogspot, di kasih tahu dong ?

    ReplyDelete
  92. Makasih ya mas,,,,,
    saya kira tamplate itu tidak bisa di ubah, ahhhh ternyata bisa, makasih y...

    umpan balik lah mas :
    http://blogadexme.blogspot.com

    ReplyDelete
  93. super bgt buat mz nya nie.. tp q mw tnya knp q masih g bsa ya.. selalu ad javascript yg muncul pas q save templateq.. mohon bntuannya mz...

    mohon bantuannya maz..

    blog yg mw diganti
    http://zon3girl.blogspot.com/

    yg baru dari http://www.bloggerbuster.com/2007/08/butterfly-new-girly-3-column-blogger.html

    mohon bntuannya ya mz...

    ReplyDelete
  94. waaahhh.....rame nih....
    mas....mo ikut nanya nih.
    Saya udah sering ganti-ganti template blog.Dari dulu masalhny itu cma 1 mas yg saya ga ngerti.

    Bagaimana cara mengaktifkan fungsi dari page yg sudah ada di template yg kita download?

    Biasanya ketika sudah mengganti dengan template yg baru,page name bawaan template yg baru kalau di klik itu ga menampilkan apa-apa alias ga berfungsi.Dan seringnya ada tanda"#" dibagian atas browser.
    Tolongin ya mas......

    ReplyDelete
  95. To Revy Hijrah Munggaransyah:
    Itu karena Tab Navigasi template baru mu masih belum diubah URL link nya.
    COba edit dulu linknya dari edit HTML. yaitu:
    Masuk dashbor-Template-Edit HTML- Cari pada bagian section Navigasi atau menu, biasanya dia akan seperti ini :
    <a href="#">nama tab</a>
    Nah ganti itu tanda pagar (#) dengan URL yang kita inginkan, dan ganti "nama Tab" dengan kata yg anda ingnkan juga

    ReplyDelete
  96. To kartika.zone:
    Coba hapus2 in dulu semua widget yang ada blog anda sekarang dari tab LAYOUT ( Tata letak). Jika anda ingin widget itu tampil lagi di template yg baru , maka Copy semua code HTML dan Javascript pada semua widget yang ingin anda tampilkan lagi di template yg baru (butterfly).

    Setelah widet dihapus semua, baru dicoba lagi upload template butterfly nya. lalu save.

    ReplyDelete
  97. selamat malam gan, ane pingin maen adsense apakah ada template blospot untuk main adsense, pinginnya yang simple saja, ada iklan adsense diatas posting, mungkin hanya 1 ato 2 kolom aja, dibawahnya ngak ada link2 lain kecuali link iklan dan link dalam postingan saja. jika ada share dong. trims sebelumnya

    ReplyDelete
  98. maaf mas ,kalau modif template blogger yang baru gimana?soalnya sekarang blogger tampilannya baru gak bisa dimodif

    ReplyDelete
  99. mas aq baru belajar ngeblog nech a.k.a newbie..
    bisa tolong editin template blog ku gak mas ??

    kalau tertarik kirim message di email mesiahinhell@yahoo.com or www.facebook.com/SCREAMINGCORE..
    tq before mas.. salam kenal

    ReplyDelete
  100. Berhasssiiil mas / mbak !!
    thank you yaaa, dari dulu saya nyari2 buat ganti template blogspot akhirnya ketemu juga.. thanks yaa

    ReplyDelete
  101. Selamat sore om...
    Saya udah nyoba langkah-langkahnya itu, tapi belum barhasil juga.

    Nah, saya mau tanya, setelah template baru udah di-download dan disimpan, apakah semua yang tertera dihalaman editor HTML-nya tidak perlu dihapus ? karena saya udah nyoba mengunggah template baru saya tanpa menghapus semua yang tertera dihalaman editor, tapi selalu gagal. Apakah type template baru yang hendak saya ganti itu XML, dan bukan HTML ?

    Gimana om ? apakah ada kesalahan sejauh ini ? Mohon penjelasannya.

    Nama template asal : Perjalanan (sumber : blogspot)

    Nama template pengganti : http://btemplates.com/2011/blogger-template-ecomode/

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  102. to Putri Nur Indah Pratiwi:
    Silahkan lihat panduan merubah template lanjutan yang saya posting disini yah :
    http://universityofbloggers.blogspot.com/2012/02/mengganti-template-blogspot-lanjutan.html

    ReplyDelete
  103. mz..
    ane newbie..
    mau minta tlong kok tulisan ane ga bs pas tengah2 background yg putih..
    itu yg di edit HTMLny bagian apa y?
    trz monggo di lihat blog ane yg perlu perbaikan sblh mn lg?
    ini blog ane: http://filippoinzarfi.blogspot.com/
    Trimakasih..:-)

    ReplyDelete
  104. terimakasih mas atas info nya..sangat bermanfaa sekali, namun yang saya mau tanyakan apakah setelah kita mendownload template baru itu, dan udah bisa terpasang di blog kita, apakah kita bisa mengotak-ngatiknya lagi ga'..?

    ReplyDelete
  105. mas kalo munculnya pesan galat gmn y???

    ReplyDelete
  106. Terima kasih atas infonya, semoga saya berhasil melakukannya nie

    ReplyDelete
  107. woow...
    terima kasih banyak ya..
    blog ku jadi semakin bagus nih...
    dan aku bisa pd memperkenalkan blog ku ke teman"...
    terima kasih banyak ya...

    ReplyDelete
  108. Wahai saudaraku, uda lama ini saya pingin ganti template dari situs2 yang ada. Tapi ada beberapa istilah yang tidak faham ini. ok, saya mau belajar dl jika gagal bantu ya, thanks.

    ReplyDelete
  109. Mas,,kenapa ya,di blog saya apabila saya pilih Edit HTML tidak pernah muncul tab "browse"...jadi template blog saya masih belum bisa di ganti..mohon bantuanya

    ReplyDelete
  110. om kok pas ane coba malah muncul kode galat ya ???

    ReplyDelete
  111. To donycahyonoworld :
    Itu karena mas Dony dashbor bloggernya pakai yang versi New interface,atau blogger draft,
    coba lihat keterangannya disini : perbedaan dashbor blogger yang lama dengan yang baru
    Setelah tau perbedaanya, coba lihat postingan yang dashbor NEW disini yah :
    Mengganti Template di dashbor NEW BLOGGER
    semoga membantu

    =============================================

    To elzkiem Crew :
    Biasanya Galat itu disebabkan oleh :

    1. Gadget/widget yang ada di template lama kita tdk kompatibel dgn template baru. Jadi hapus saja semua Gadget nya dulu ya.

    2. Database atau server blogger sdg bermasalah. SOlusinya tunggu beberapa saat. Atau tunggu beberapa jam. Nanti coba lagi..Insya Allah sukses

    ReplyDelete
  112. mas mau tanya : gambar yang diatasnya ada tulisan
    edit HTML adanya dimana ya ? soalnya saya mencari cari tidak ketemu mohon bantuannya . terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  113. mas, pas mw ganti templete tu kok di edit HTML nya gag ada pilihan browser ato telusur gt ya ??

    ReplyDelete
  114. Terima kasih banyak,, ini benar-benar sangat membantu... ini blog terbaik yg pernah saya temui.... sngt detail dan mudah dipahami... terima kasih :-)

    ReplyDelete
  115. keren...keren...
    kemarin sempat saya download template blog versi lama (.txt), saya searching di mbah google. Katanya gampang, tinggal ubah sja di file trus klik save as trus ubah jadi (.xml). Akhirnya sudah berubah, pas upload di blog eh, katanya tidak cocok, saya liat lagi, bandingkan template yg saya donlot dgn template blog saya. Ternyata beda di bagian cop nya..

    template yg sy donlot atasnya (DOC...), sedangkan template di blog saya atasnya (xml..). Berarti meskipun diubah dlm bntuk .xml tetap aja gak cocok, krn dasar designnya sudah beda dari sononya..

    untung masuk di blog ini, dapat ilmu lagi, maklum sy bru ngeblog (di blogger versi baru).
    Kesimpulannya, saya harus donlot sesuai versinya ya..alias cri yang bawaan .xml.
    Thanks :)

    ReplyDelete
  116. bingung ko tampilan bloggernya beda sama di gambar contoh dan yg di sebutkan seperti download template tu gk ada.ada juga lanjut

    ReplyDelete
  117. To Yuz Rizal :
    Yup Benar,,artikel ini adalah artikel lama, untuk tampilan dashbor baru silahkan lihat postingan disini :
    http://universityofbloggers.blogspot.com/2012/02/mengganti-template-blogspot-lanjutan.html

    ReplyDelete
  118. Sip banget tutorialnya, ini yang saya cari selama ini, terima kasih, berkat postingan Anda kini saya udah bisa ganti template blog saya.

    ..amy..

    ReplyDelete
  119. hadoooh....
    ko gak bisa terus yah !!!!
    hhe...
    saya mentok pas udah edit html.y trz mw nyari dwnlod full templet ko gak ketemu yah ?? , Trz tampilan petunjuk blog anda sama blog saya ko beda yah ?? (emzzz... jdi pusing).
    hhe..
    maklum bloger baru..

    mohon penjelasannya !!!

    ReplyDelete
  120. saya masih bingung mas. . letak edit Htmlnya nya gag ketemu2 saya cari. mohon bantuannya mas. :D
    baru pemula.

    ReplyDelete
  121. Halo
    say asudah mengubah template dengan panduan yang anda berikan. Terima kasih. Tapi, ada masalah, linkbar yang saya buat tidak bisa diedit. Dihapus juga tidak bisa. Padahal, saya mau lengkapi link nya. Apa yang terjadi, ya?
    Alamat blog saya : http://agungbawantara.blogspot.com/
    Sekali lagi, terimakasih...

    ReplyDelete
  122. gua uda download template tapi bukan xml malah psd, gmna ya cara nya kita terapin ke blog kita , mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  123. Mau ngerubah template blogpsot nih bos...thanks

    ReplyDelete

Saya berterimakasih atas koment anda yang Sopan dan Ramah...
Sebelum kasih komentar,sebaiknya lihat Contoh komentar spam disini , Agar komentar anda tdk tertangkap oleh spam filter blogger.