Cara Memasukkan (Upload) Gambar Ke Blog

Memasukkan (Upload) Gambar Ke Blog

By : Bahrul Ulum

Cara memasukkan (Meng upload) gambar atau image ke halaman blog sbb :
  1. Cari tab fungsi "Tambah gambar" (Insert Image) yang letaknya di atas kotak posting.(lihat Gambar 1)
  2. Klik tab itu, dan anda akan dibawa ke halaman blogger "Unggah gambar".(lihat Gambar 2)
  3. Pilih gambar dari komputer anda atau dari web.
  4. Jika dari komputer anda, klik "Telusuri"(Choose File) .
  5. Cari file gambar yang anda simpan.
  6. Lalu klik open..>>>Anda akan kembali ke halaman bloger.
  7. Pilih posisi gambar hendak di kiri atau tengah atau kanan dengan mencentangnya.
  8. Selanjutnya klik "Unggah Gambar"
Catatan : Format extensi gambar sebaiknya dalam format JPG atau GIF atau PNG , selain extensi gambar tadi, akan ditolak oleh server blogger. Pilihan JPG , GIF dan PNG , sangat tergantung dari jenis gambarnya. Pilihlah extensi JPG ( atau JPEG ) jika gambar anda jenisnya Photografi. Dan untuk gambar dengan jumlah warna maksimal 3 warna, pilih estensi GIF. Sedangkan extensi gambar PNG , untuk gambar yang ada transparannya.Untuk GIF dan PNG bisa untuk menampilkan gambar animasi.

Gambar 1

Gambar 2
Sekarang gambar anda sudah terlihat di kotak postingan anda. Untuk mengatur tempat dimana ingin anda letakkan,silahkan klik kiri mouse dan tahan di gambar tersebut,lalu drag(geser) gambar itu ke tempat yang anda inginkan sesuai tulisan atau tema gambar itu.(Hanya naik turun saja ).

Update Maret 2012
Untuk dashbor blogger versi baru, dengan format editing post diperbaharui ( Ada di setelah SETTING-Pilih editor entry) kini penempatan gambar semakin lebih mudah.



Untuk memasukkan gambar dari web caranya sbb :
  • Pada saat anda berkunjung kesuatu web/situs/blog , pada gambar yang anda lihat biasanya sudah ada alamat URL gambar itu.
  • Untuk mendapatkan URL alamat gambar , klik kanan di gambar itu,
  • Lalu pilih "Salin URL gambar" atau "Copy Image Location".--> ini untuk cara saat kita buka website di  browser Chrome atau Mozilla firefox
  • Nah masukkan hasil copy an alamat URL gambar tadi di kolom "URL" di halaman unggah gambar blogger.
  • Selesai.

Perlu dicatat...!! Untuk gambar dari situs ,sebaiknya anda minta izin dulu dari pemilik web tempat anda ingin ambil gambarnya.Sebab terkadang gambar itu sudah dilindungi hak cipta.Jadi agar aman ,sebaiknya izin ya ke pemilik gambar...

Semoga bermanfaat....Silahkan tuliskan komentar anda jika ingin sharing disini :

61 comments:

  1. thanx brow atas tip na. . . . . .

    ReplyDelete
  2. numpang lewat,,numpang lewat..

    ReplyDelete
  3. makasih infonya, baru belajar ngblok soalnya

    ReplyDelete
  4. Dariyati : Ya.sama2 makasih ya
    Remia : Thanks juga

    ReplyDelete
  5. trima kasih bnyk taz infonya ..
    bermanfaat sekali..

    ReplyDelete
  6. Makasih infonya. Eh, kalo gambarnya itu gabungan sama cerita gimana? Jadi, dari file di komputer, tulisannya bisa masuk, tapi gambarnya ilang.
    Mohon bantuannya-_-

    ReplyDelete
  7. @mas/Mbak Dolly :
    Ndak bisa sekaligus gitu, mesti satu2. Pertama masukkan dulu tulisan(artikel) nya, baru kemudian upload gambarnya seperti cara diatas.
    Semoga membantu

    ReplyDelete
  8. berapa sebaiknya ukuran (Kb) gambar / foto yg disarankan utk diupload ?

    ReplyDelete
  9. Numpang tanya ya.....
    Kalau maau meng-upload foto, kan ukurannya harus diperkecil dl ya, berapa ukuran ideal yg disarankan, spy tdk berat, tp jg tdk terlalu kecil
    makasih sebelumnya ya.......

    ReplyDelete
  10. Yth Mas/Mbak Nana dan Mbak /mas OCHA :
    Saya pernah mengupload Gambar dengan ukuran 2MB (karena ketidak tahuan saya) .
    Dan akhir2 ini saya lebih sering mengupload gambar dengan ukuran file antara 5 s/d 25KB (maksimal). Dan sy lebih suka menguploadnya pakai ekstensi gambar JPG atau JPEG

    ReplyDelete
  11. makasih pak untuk sarannya...wah, jadi pengingat nih agar kita tak mudah menjadi plagiat gelap. hem...

    ReplyDelete
  12. makasih infonya, kenapa gambar yang saya upload dengan menempatkan diselah kiri lalu samping kanannya saya buat keterangan dari gambar tersebut, nah ketika beberapa gambar saya upload di entri yang sama, tampilannya ngacak ( tidak teratur semua disebelah kiri
    GAMBAR 1: KETERANGAN GAMBAR1
    GAMBAR 2 : KETERANGAN GAMBAR 2

    Numpuk seperti itu, mohon petunjuk !!
    terimakasih

    ReplyDelete
  13. Thank's. Akan aku coba,mudah-mudahan langsung bisa. Kalau cara masukkan file ke halaman blog gimana ya..

    ReplyDelete
  14. mas kalau mau upload gambar untuk logo header gimana caranya ya??? kalau tau mohon infonya...
    thanx

    ReplyDelete
  15. Thank's infonya ya mas........aq sdh praktekan dan berhasilllll......

    ReplyDelete
  16. yaahhhh terima kasih atas bantuan anda :D karena postingan anda sya dapat meng-upload gambar ke blogspot **maklum baru daftar*

    ReplyDelete
  17. permisi numpang tny, gimana yah cara nampilin foto" ketika kita klik 1 foto trus tampilan na bisa slide, tinggal klik next/back. thanks

    ReplyDelete
  18. gimana pak caranya minta ijin untuk mengcopy gambar dari suatu web, trus apa ada buktinya kalau kita sdh minta ijin, trims?

    ReplyDelete
  19. aku mau tanya tab "TAMBAH GAMBAR" itu berada di sebelah mana??
    thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  20. Salam kenal mas. aku dah follow tolong followbacknya ya. makasih

    http://kedai-kartika.blogspot.com/

    ReplyDelete
  21. permisi,,,, mo nanya,,,selain upload gambar ke blog,, dalam bentuk dokumen bisa gk ?. mohon bagaimana caranya...
    thanks

    ReplyDelete
  22. saya mau tanya, kok kalau saya klik entri baru, tapi ngga ada tab apapun ??

    ReplyDelete
  23. makasih, kak... membantu buat aku yang baru belajar bikin blog...

    ReplyDelete
  24. kak.. save link as, sama save target as, itu beda?

    ReplyDelete
  25. To keenan :
    Sama funsginya.
    save target as itu jika kita oakai Browser Internet Explorer
    Sedangkan Browser yg lain pakai save link as

    ReplyDelete
  26. To Yesika : Mungkin browsernya disetel untuk tdk menampilkan gambar ? Soalnya tab nya berupa gambar. COba lihat setelan browsernya yah

    ReplyDelete
  27. to sasaha ; mungkin browsernya disetel untuk menempilkan gambar? soalnya saya nga bisa masukin poto ke blogger hehehe

    ReplyDelete
  28. to sasaha ; gi mana caranya untuk masukin poto ke blogger saya nga.....tau

    ReplyDelete
  29. pak... kok saya udah me upload.. tapi kok ngak muncul di posting?

    ReplyDelete
  30. mas... saya mau naya nih..!!! kok kalau saya buka blog saya sndri , malah ke web lain??
    coba aja buka ini www.ikhsansangpenakluk.blogspot.com

    ReplyDelete
  31. gmn cr minta ijin url gambar yg betebaran di internet?mksh sblmnya.

    ReplyDelete
  32. Makasih atas infonya..tp,bgaimana cara mengupload gambar diblog via hp java?

    ReplyDelete
  33. gimana caranya kalo di tolak server?????
    apa yang salah ya???

    ReplyDelete
  34. Terima kasih turorialnya... tp saya masih mau belajar lagi yang lain tentang blog. Bagaimana caranya untuk mengganti background blog biar menarik di lihat....

    ReplyDelete
  35. gimana caranya sih? alamat URL nya namanya apa ?

    ReplyDelete
  36. terimah kasih atas infonya,atas info kakak saya sdh bisa meng-uplod foto di blog.
    Thks,,,

    ReplyDelete
  37. txxx tp mau tny gmn y buat add foto/mp3 ? cntoh:
    teman sy mau fotonya/lagnya dpt di upload di blog sy,jd foto/mp3 tmn2 sy ada diblog sy gitu loh

    ReplyDelete
  38. mksh ya universitas blogger jd Q pngin mju sprt ngra para pencipta komputer d ngara eropa- amerika

    ReplyDelete
  39. Tumhare berkata :
    mskih ats sran ya n bla Q mau mngcopy dta Universitas para blogger cara membuat tulisan berjalan tuk belajar ap Q slah

    ReplyDelete
  40. Tumhare Brekata :
    mf nh universitas para blogger krn mau cpat edit jd slh krimya nh

    ReplyDelete
  41. kenapa gambar yg sy upload jd jelek, ga sesuai sama yg di pc saya??
    thank'u.

    ReplyDelete
  42. maaf numpang tanya, ini harus masuk ke buat entri baru ta?(gambar pensil)

    ReplyDelete
  43. wah menarik nih..
    ketika saya upload foto kok ternyata setelah saya unduh kembali ukurannya tidak sama ?
    adakah cara agar upload foto kita memiliki ukuran yang sama persis dengan foto yang diupload ?

    memang sih ukuran fotonya agak besar, tp ngga masalah karena lumayan cepet internetnya///

    ReplyDelete
  44. biasanya saya bisa masukin gambar, tapi sekarang kok gak bisa ya??? kira" kenapa

    ReplyDelete
  45. min, gua butuk bantuan nih. ntah karena ap, aq gak bisa upload foto wktu mw postingan. gambar pd langkah ke dua yg minmin tunjukkan itu gak muncul(choose file). aq bingung min.... mhn bantuan.

    ReplyDelete
  46. siank gan....
    gmn caranya kalo kita mau memasukan foto kita ke situs suatu perusahaan tempat saya bekerja
    ( foto saya bisa tampil jika melihat perusahaan tempat saya bekerja )

    ReplyDelete
  47. Kalo masukin gambar yg bergerak itu gimana?

    ReplyDelete
  48. loh ko ga bisa di upload ya ...?

    ReplyDelete
  49. thanks pak....jadinya ngga bingung lagi :)

    ReplyDelete
  50. mas gambarnya emang g bisa geser kanan kiri ta?

    ReplyDelete

Saya berterimakasih atas koment anda yang Sopan dan Ramah...
Sebelum kasih komentar,sebaiknya lihat Contoh komentar spam disini , Agar komentar anda tdk tertangkap oleh spam filter blogger.