Membuat Postingan ber Bahasa Inggris

Software Translator Bahasa Inggris

By : Bahrul Ulum

Jangan pernah merasa minder jika kita tidak mahir atau tidak bisa bahasa Inggris.Wajar jika kita tidak familiar dengan bahasa internasional in i.Sebab dalam keseharian memang jarang sekal i bahasa inggris kita gunakan.Bahasa ini biasanya digunakan sebatas pada keperlua n bisnis yang berhubungan dengan internasional saja.Pun jika kita gunakan pastilah pada lingkungan sekolah saja.

Masalah akan mulai terasa saat kita berhadapan dengan dunia internet yang notabene dunia maya ini adalah dunia global tanpa batas.Maka tak pelak , mau tidak mau kita pun harus mulai mempelajari bahasa inggris ini.Sialnya...otak in i sudah mulai berkarat karena lama tidak diasah.Buat anda yang masih sekolah atau belum lama lulus dari bangku sekolah mungkin ini tidak jadi halangan.Tapi buat yang sudah bertahun-tahun tidak pernah cas-cis-cus dengan bahasa Inggris,tentu akan terasa kaku.Paling yang masih di hapal cuma " I love You " aja ya ..he.he..

Nah untuk hal ini solusi yang paling cepat adalah dengan memanfaatkan software translator.Software translator ini akan memba ntu kita dalam membuat artikel atau postingan yang berbahasa inggris. mulailah dengan membuat artikel berbahasa Indonesia dengan MS Word, lalu copy paste di software dan sekali klik maka jadilah artikel berbahsa ing gris yang original milik kita sendiri .

Perlu diingat didalam membuat artikel awal ( yang bahasa Indonesia ) hendaknya diperhatikan grammar atau tata bahasa tulisan anda.Sebab jika anda menuliskan artikel dengan gaya bahasa sehari-hari, terkadang software ini tidak akan memunculkan terjemahan yang bagus.Karena software ini telah didesain dengan grammar atau tata bahasa yang EYD (ejaan yang disempurnakan).Dan juga dunia terjemahan mengakui, sehebat-hebatnya alat software ini , belumlah mampu mengalahkan hasil terjemahan otak manusia.Wajar toh...?? yang namanya mesin, maka perintahnya pun dari manusia,dan terbatas pada database yang ada p ada mesin itu.

Sayangnya software ini harganya rata-rata tidak pas untuk ukuran kantong kita.Tapi a da solusi lain ...dan solusi pasti selalu ada kawan..!! Kita bisa memanfaatkan Google translator.Tapi ini pun menurut saya masih kurang bagus.Kadang saat kita menterjemahkan artikel inggris ke indonesia ,banyak sekali terdapat keanehan bahasa yang susah sekali kita memahaminya.Nah solusi lain(Tuh kan ...solusi lagi..) ada softwarfe yang lebih bagus ketimbang google translator... dan yang terpenting : GRATIS... waaah... saya memang suka yang gratis-gratis nih......

Software ini saya dapatkan secara tidak sengaja dari webmaster yang berbaik hati memberikan informasinya. Saya kira karena lisensinya bisa untuk dipakai untuk banyak komputer jadi si webmaster ini mungkin mau membagikannya kepada kita.Dan karena dibagi maka saya anggap ini sah-sah saja ya...

Untuk mendownloadny a silahkan : ma'af link downloadnya terpaksa sy hapus...demi tata krama

Nanti setelah masuk di web tsb cari tab : "Download from IDWS " yang letaknya persis diatas kotak iklan. Klik di tab itu untuk mendownload.




Nanti di dekstop anda akan ada ikon hasil download dgn ikon seperti gambar ini :
Klik Ikon ini untuk mengekstraknya.

Setelah berhasil lalu ikuti langkah berikut ini :

Langkah - L angkah instalasi v.2.1a :






  • 1.Apabila Anda sebelumnya telah menginstall Rekso Translator versi 1.2 ataupun versi 1.6 pada PC anda, uninstall terlebih dahulu versi itu.




  • Setelah restart, Anda juga harus menghapus terlebih dulu registry yang telah dibuat oleh Rekso
    Translator versi terdahulu dengan menggunakan registry editor (start? run? regedit) di:


    HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE/
    COREL/ReksoTranslator
    Bahkan anda dapat mengapus foldernya. Hal ini tidak akan berpengaruh pada sistem anda (at least di PC saya sudah teruji).


    Langkah pertama ini tidak perlu dilakukan bila pada PC Anda belum pernah diinstall Rekso translator versi sebelumnya. Jadi langsung aja masuk ke langkah kedua :


    • Klik Folder Rekso translator hasil ekstrak tadi..
    • Jalankan setup32.exe ( cari yang bentuknya kotak2 kecil merah membentuk lingkaran )
    • Install ke "C:\Rekso\Trans2" (Folder ini merupakan default installat ion folder dari program Rekso Translator versi 2.1a.)
    • Jika diminta untuk restart, restart saja.
      <
    • Setelah restart otomatis, maka selanjutnya :
    • Jalankan reksoTrans2 (cari ikon nya yang terinstal otomatis di desktop : nam a i kon nya " Rekso Trans2 ).
    • Isi data registrasi (Nama, No Telp dan email dapat diisi data asal saja ). Untuk serial number, bisa diketik secara manual, yaitu RT2-0012345 ( atau copi paste aja kode ini ). Dengan catatan 4 digit angka terakhir dapat diganti dengan angka apapun.
    • Kemudian klik button di sebelah kanan (lupa namanya, yang buat register pokoknya). Setelah anda klik tombol register lalu : Isi Password dengan ar09797. ( Kopi paste aja kode yang ini..) Maka anda telah berhasil register... tapi STOP !! jangan dulu menjalankan programnya untuk translate atau menterjemah Jadikan terlebih dahulu file "c:\Rekso\Trans2\product_id\pswFile.txt " ke posisi : " read only ". Caranya : cari file Reksotranslator itu di drive yang tadi tempat anda menyimpan hasil download nya .

      Lalu klik kanan di file rekso itu , trus pilih property -centang "Read only " - Klik Aply -lalu klik Oke setelah itu...: Baru anda bisa menjalankan kembali ReksoTranslator2 dgn mengklik ikon di dekstop yang tadi sy sebutkan.
    • Selamat menikmati .
    Update agustus 2010
    Saat ini translator Google sudah sangat jauh lebih baik hasil terjemahnya, jadi saya merekomendasikan untuk memakai google translate aja ya. trims
      Nah semoga bermanfaat....
      Silahkan tuliskan komentar anda jika ingin sharing disini...
      :

      Pesan sponsor : " Jailangkung...jailangkung...datang gak diundang...pergi gak komentar......???

      Artikel lain :
      Membuat Signature Email di google mail


      Merubah tampilan Google Mail

      6 comments:

      1. Keren banget, waktu mo muncul ni blog pake mendat2 segala. Giman bikinnya tu.

        Oke makasih pencerahannya, ane butuh banget ni info, trims

        ReplyDelete
      2. pak boleh minta alamat link tempat mendownload reksotrans2 gak pak makasih sebelumnya,soalnya saya butah banget pak(amier.zeromind@gmail.com)trima kasih sebelumnnya

        ReplyDelete
      3. Untuk yg diatas :
        http://www.indowebster.com/ReksoTranslatorv21a.html

        Any way...skrg Google translate sudah sangat baik tingkat terjemahaannya. jadi sebaiknya pakai googel transate aja.

        ReplyDelete
      4. oke juga bro,tapi google translate bisa menterjemahkan situs berbahasa asing lho bro,secara berulang-ulang..
        Tanks atas sharingnya.

        ReplyDelete
      5. wah makasih yahh....
        ge nyusun rencana nehh, alnya akun adsense q jadi ga berguna, ga tampil iklannya karna bahasa indonesia. .

        thx ya gan . . . salam laban blogger

        ReplyDelete
      6. Ane udeh Compare sama Bing, malah lebih bagus Bing. Grammernya lebih masuk gan(dr pada translate GugeL)...thanks sharing-nya.

        ReplyDelete

      Saya berterimakasih atas koment anda yang Sopan dan Ramah...
      Sebelum kasih komentar,sebaiknya lihat Contoh komentar spam disini , Agar komentar anda tdk tertangkap oleh spam filter blogger.